Rabu, 13 April 2011

Kampanye Ibu Jari, New Wave Campaign ala Drug Free Youth Indonesia

Dalam sebuah pertandingan sepakbola sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap tim untuk menerapkan strategi dalam usahanya meraih sebuah kemenangan. Di Belanda dikenal istilah Total Football dengan strateginya yang mengandalkan serangan cepat, di Italia dikenal gaya Catenacio yang mengandalkan strategi bertahan atau gaya Jogo Bonita (sepak bola indah) milik Brazil yang mengandalkan skill individu dan permainan atraktif nan menghibur. Strategi memiliki peranan penting dalam meraih tujuan.  Bukan hanya soal sepakbola, strategi pun digunakan di berbagai bidang pekerjaan. Begitu pula dengan usaha mencapai tujuan dari sebuah pergerakan sosial macam Drug Free Youth Indonesia ini. Strategi awal Drug Free Youth Indonesia dalam usaha memasarkan  ide gerakan Anti Narkoba ini bernama strategi New Wave Campaign (NWC). Taukah kamu taktik dan strategi macam apa NWC itu? 


NWC merupakan konsep kampanye low budged-high impact yang merupakan adaptasi dari konsep New Wave Marketing. NWC memiliki prinsip bahwa pemberi dan penerima pesan adalah setara dan ada interaksi timbal balik yang komunikatif. Modal kampanye jenis ini mudah dan tidak perlu menguras saldo rekening bankmu. Pemanfaatan teknologi internet dan konsistensi adalah kuncinya. Adalah media jejaring sosial dan aplikasi internet lainnya seperti  Twitter, Myspace, Youtube, Facebook, 4SQ dll yang menjadi alat dalam menjalankan strategi NWC. Dan semua itu bermuara ke pada satu induk website. Isu yang akan dikampanyekan dalam NWC dapat kamu kembangkan sesuai dengan jenis alat yang kamu pilih. 

Dalam bahasa keseharian kami, strategi NWC ini adalah "Kampanye Ibu Jari" karena hanya melalui mobile phone, sebuah pergerakan atau kampanye bisa berjalan. Strategi ini pulalah yang kami gunakan di masa awal pergerakan kampanye Anti Narkoba yang sedang kami suarakan. Dari isu-isu yang kami lempar lewat media Twitter dan Blog ini menghasilkan interaksi antara kami dengan  follower dan interaksi follower dengan follower lainnya.  Banyak informasi dari proses bertukar pikiran yang didapat dari strategi NWC yang sudah kami jalankan beberapa bulan ini. Dalam NWC penerima layanan bukanlah objek melainkan partner/rekan atau kolega dalam menjalankan kampanye. Di era New wave ini semua serba horisontal. Pesan dan respon akan langsung tersebar dalam jaringan, bukan lagi komunikasi searah melainkan interaktif. 

Saran kami buat kamu yang berminat untuk ber-NWC, buatlah riset kecil-kecilan mengenai isu yang akan diangkat agar tidak terkesan latah dan emosional. Dan buat kamu yang peduli dengan masalah sosial di sekitarmu, strategi cara ini cukup mengasyikan untuk dilakukan. Berminat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar