Senin, 07 Maret 2011

Hidup Sehat Ala Arina Mocca

"Kalau kamu punya stamina yang bagus, pikiran yang jernih ngerjain apa aja enak"  (Arina Ephipania)




Senang sekali rasanya di edisi bulan Maret yang kita namai #spreadthespirit ini cukup banyak teman-teman yang mau membagi semangatnya dengan kami. Adalah salah satunya Arina Ephipania alias Arina Mocca yang mau berbagi waktunya dengan kami. Pelantun tembang I Remember bersama bandnya Mocca yang sudah dikenal di dalam dan luar negeri ini kami temui seusai Arina berolahraga di salah satu tempat kebugaran yang terletak di Mall Paris Van Java Bandung ini. Arina yang ramah ini rela membiarkan bubur yang hendak ia makan jadi dingin demi berbagi cerita dengan kami. Ah, senang sekali rasanya. Mau tau serunya obrolan kami? Simak yang satu ini ya.



(DFY): Halo Arina apa kabar? Lagi sibuk apa aja nih selain manggung-manggung bareng Mocca?

(Arina): Halo, baik-baik. Sebenernya total memang di Mocca tapi biasanya setiap satu atau dua bulan sekali jadi presenter di salah satu tv lokal. Itu aja kesibukannya, sisanya sih...Olahraga hehe.

(DFY): Denger-denger, selain rajin olahraga Arina juga menjalani pola makan vegetarian? Betulkah?

(Arina): Oh iya, saya vegetarian sejak April 2003.

(DFY): Alesan jadi vegetarian sendiri apa?

(Arina): Pertama sih masalah kesehatan. Jadi dulu saya sempet kena tumor, semacam kista gitu di ovarium jadinya saya harus operasi. Bahkan ovarium saya diangkat satu, tapi kata dokter sih masih bisa punya anak cuma mungkin variannya agak monoton haha. Nah, karena pasca operasi itu banyak yang menyarankan saya supaya vegetarian dulu soalnya biar luka operasinya cepet kering katanya jangan makan daging dulu, akhirnya ya saya sih nurut-nurut aja. Setelah saya pulih, males balik lagi ternyata. Jadi kebiasaan. Ah udah deh, gini juga enak bisa idup ternyata. Menurut saya efeknya ternyata tanpa makan daging saya kuat-kuat aja.

(DFY): Selain itu, pola hidup sehat yang lagi kamu jalanin apa nih?

(Arina): Sekarang lagi getol-getolnya yoga. Soalnya kerasa setelah usia saya berkepala 3, stamina badan tuh agak menurun dan cepet cape, apalagi kalau abis manggung kenapa jadi cepet cape gini ya. Akhirnya kemaren saya cari olahraga yang cocok buat saya, kalau dulu karena rumah saya jauh di daerah pegunungan sana jadi dulu tuh kerjanya jogging tiap hari. Nah, sekarang saya baru pindah ke deket sini (Paris Van Java Mall, red) dan kebetulan pusat kebugarannya deket rumah jadi setiap hari bolak-balik kesini jalan kaki, saya mah rekreasinya jalan kaki kemana-mana. Jadi dengan lokasi rumah saya yang strategis ini, saya jadi lebih banyak nyimpen mobil akhirnya, satu mengurangi polusi, dua gak bayar parkir, dan sehat juga hehe. Sebenernya  memperdalam yoga baru sebulan ini tapi ampir tiap hari mumpung rumah deket dan bayarnya juga flat kan, mau males mau rajin sama aja, daripada rugi mendingan rajin. Dan ternyata manfaatnya (yoga, red) banyak sekali lho. Saya jadi berasa lebih seger, dulu dibawah mata tuh ada item mata pandanya dan sekarang mah ilang. Padahal gerakannya yoga gitu-gitu doang monoton tapi keringetannya ya ampun, gila-gilaan. Harus nyoba..hehe.

(DFY): By the way, kalau boleh tau kamu pernah gak punya pengalaman dengan drugs?

(Arina): Mmhh dulu, saya anak yang orangnya ingin tau banget tapi saya gak gaul pada dasarnya. Jadi gitu, alkohol kaya apa ya rasanya? kebetulan kan saya dari keluarga Batak nih jadi kalau lagi ngumpul-ngumpul keluarga pasti ada bir kan dan suka ditawarin, akhirnya coba. Oh gini rasanya, saya sih sekedar pengen tau rasanya aja. Setelah kuliah agak-agak sering "minum" juga sebenernya, frustasi dikit "minum" hehe tapi untungnya gak sampe taraf kecanduan. Nyobain rokok pernah juga, saya itu pertama ngerokok dari taun 92' sampai taun 2000. 8 taun berarti, cukup lama juga. Dulu kalau lagi begadang bikin tugas gak ada rokok tuh kaya gak ada temen, terus dulu sebenernya saya agak kurang suka sama suara saya karena saya rasa suara saya terlalu tinggi. Pengen agak gede ah suaranya biar keren pas nyanyi, ternyata range suara saya malah gak nyampe kalau (nada, red) tinggi, jadi serek-serek, jadi banyak dahak. Pokoknya merokok itu sangat merugikan, udah gitu nafas pendek, gak asik hehe.

(DFY): Pernah coba zat-zat yang lainnya?

(Arina): Nyoba pernah sih. Pernah nyoba ganja jaman kuliah gitu kan. Saya nanya ini efeknya apa, temen saya bilang, wah katanya lu dengerin musik efeknya asik akhirnya oke deh cobain. Enak sih, kaya ada orkestra gini di belakang kuping. Jadi saya kalau nge-ganja gitu hanya diem aja dengerin lagu. Pernah paling jelek efeknya jadi tiba-tiba nari balet gak jelas haha. Tapi setelahnya saya gak nagih juga, jadi hanya, oh gitu toh rasanya. Bener-bener hanya iseng aja karena emang gak begitu tertarik sih, asal tau aja.  

(DFY): Sudah berhentikah? Kenapa tuh kalau boleh tau?

(Arina): Oh udah gak pernah lagi sejak lulus kuliah. Pertama, teman-temannya sudah pada kerja, punya urusan masing-masing, udah banyak yang menikah, punya anak, dan lain-lain. Udah jarang ngumpul-ngumpul dan udah lain prioritasnya. Kalo dulu di kampus kan beda ya, pasti sering ketemu dan penasaran sama banyak hal, kalo sekarangsaya temennya dikit dan udah sibuk di Mocca juga, gak kepikiran lah yang gitu-gitu. Dan justru saya jadi berterima kasih dengan ketumoran yang pernah saya derita itu, badannya jadi jauh lebih sehat, jadi lebih aware kalau jaga kesehatan itu penting. Kalau dulu sih masih muda gak kerasa kan, mau minum, mau ngerokok gak ada bedanya.

(DFY): Apa pendapat kamu tentang makin maraknya penyalahgunaan Narkoba di berbagai kalangan sekarang ini?

(Arina): Duh kata saya sih sayang sekali ya. Menurut saya orang-orang yang pake obat-obatan itu adalah orang-orang terlemah. Pada intinya, gak bisa mengendalikan diri. Orang ngerokok pun sebenernya dia punya satu kecanduan, dia tidak bisa mengendalikan keinginannya tapi malah dikendalikan oleh benda itu. Sekali lagi, ah sayang menurut saya mah. Kalau kamu menyayangi diri kamu mah gak akan pernah menderita ketergantungan pada sesuatu.

(DFY): 60'an banget ya?

(Arina): Iyaaa betul. Kalau kata saya sih punya badan sehat dan pikiran yang jernih tuh anugerah banget, jadi sebaiknya harus dijaga. Karena kalau kamu punya stamina yang bagus, pikiran yang jernih ngerjain apa aja enak. Pake Narkoba malah akan menghambat karier menurut saya. Misalnya penyanyi gak pede mau naek panggung, lalu "ngobat" dulu atau "minum" dulu biar asyik biar tenang, justru kata saya, kalau kamu jago kamu bisa melakukan itu tanpa bantuan Narkoba dan lain-lain. Itu baru entertainer sejati.

(DFY): Kalau misalkan suatu hari kami dipilih untuk jadi Duta Anti Narkoba oleh UN misalnya, what the first thing you would do?

(Arina): Haduuh, apa yah? Hayuuu..haha. Mungkin poinnya saya akan cenderung lebih ke gaya hidup sehat sih, gak akan langsung ke Narkobanya karena kalo langsung biasanya gak efektif. Mungkin harus menghadirkan satu gaya hidup yang kontras dengan mereka yang secara gak langsung jadi memberi contoh. Soalnya kebanyakan anak-anak muda sekarang mah semakin dilarang semakin ingin tau, jadi kasih contoh dari diri sendiri aja.

(DFY): Nah, berhubung tema bulan ini adalah #spreadthespirit, kasih temen-temen diluaran sana semangat dong biar makin semangat jalanin hidup sehat tanpa drugs-nya.

(Arina): Kalau kata saya sih, hidup itu terlalu singkat untuk dinikmati, jadi kalau kalian badannya tidak sehat karena itu mah percuma hidup juga. Kalau kamu menyia-nyiakan hidup kamu sekarang, kamu bodoh sekali hehe maap. Ya, untuk menikmati hidup alangkah baiknya kalo dibarengi dengan tubuh yang sehat.

1 komentar:

  1. @comet maker

    cooll!!!
    drugs is so svck!

    never ever coll if you have drugs in your life!

    BalasHapus