Rabu, 19 Januari 2011

"We Are Here!" Official Press Release

Tidak dapat dipungkiri bahwa isu narkoba beberapa tahun belakangan ini sudah mulai terlupakan, dan isu ini seakan ditenggelamkan oleh isu-isu lain yang banyak diantaranya berbau politik. Padahal, bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang atau lebih sering disebut narkoba ini dapat disejajarkan dengan bahaya terorisme. Apalagi ketika kita membuka mata lebar-lebar dan menyadari bahwa generasi muda masih menjadi sasaran empuk peredaran narkoba di Indonesia. Menurut data BNN, pada tahun 2009 lebih dari 2 persen penduduk Indonesia menjadi pengguna narkoba dan jumlah itu diperkirakan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya. Ironisnya, sekitar 32 persen dari para pengguna narkoba tersebut adalah pelajar dan mahasiswa yang notabene merupakan kaum terpelajar.


Dilain pihak kita sebagai anak muda juga tidak bisa menutup mata akan hal kontradiktif yang sedang terjadi saat ini; Apatisme. Kita sudah mulai lupa dan kurang peduli terhadap isu dari bahaya narkoba, masih banyak yang beranggapan selama kita bersih dari narkoba maka selesai perkara. Padahal, seharusnya kita menumbuhkan kepedulian untuk memberikan dukungan serta informasi yang jelas tentang isu ini. Baik bagi mereka yang belum menyentuh, yang sedang bersentuhan dan mereka yang sudah pernah disentuh oleh narkoba. Dan kami yakin sebetulnya kepedulian itu masih ada, hanya saja butuh sedikit "sentilan" berupa aksi nyata yang bukan sebatas wacana. Maka dari itu kami merasa perlu untuk mengajak rekan-rekan muda lainnya guna mengingatkan kembali hal penting yang mulai terlupakan ini.

"We Are Here" merupakan aksi pertama dari Drug Free Youth Indonesia (@drugfreeINA) yang bekerja sama dengan Straight Edge Life (@sxe_life) dan Indonesian Straight Edge (@indosxe) yang dikemas kedalam sebuah konsep street campaign against drugs. Acara ini akan digelar pada hari Minggu, 30 Januari 2011 mendatang dengan mengambil tempat di area Car Free Day Jl. Ir. H. Juanda (Dago) Bandung. Tempat ini dinilai telah menjadi area yang diciptakan dengan semangat positif dalam menjaga lingkungan yang belakangan ini juga menjadi tempat keramaian favorit warga khususnya anak-anak muda Kota Bandung.

Kenapa kampanye ini diberi tajuk "We Are Here"? Sederhana saja, kami ingin membuktikan pada khalayak banyak bahwa "disini", anak-anak muda masih peduli dengan gerakan anti narkoba dengan membubuhkan tanda tangan mereka sebagai bukti dukungan untuk memutus peredaran narkoba di Indonesia. Pada gelaran ini akan disertai juga dengan pembagian merchandise Drug Free Youth Indonesia yang jumlahnya cukup terbatas kepada beberapa partisipan street campaign ini. Tindak lanjut dari pengumpulan tanda tangan di arena Car Free Day Dago ini akan kami bawa ke Badan Narkotika Provinsi (BNP) sebagai isyarat awal bahwa gerakan pemberantasan narkoba dari anak-anak muda bangsa kembali menggeliat.

Tentunya gerakan ini takkan terhenti disini. "We Are Here" merupakan gerbang menuju program-program lain dengan konsep berbeda yang dirancang berkelanjutan, dalam upaya memberikan informasi, edukasi dan motivasi dari-dan-untuk rekan sebaya dalam memutus rantai peredaran narkoba di Indonesia. Semoga gerakan sederhana ini menjadi hal bermakna untuk generasi yang dapat memandang hidup sehat tanpa narkoba adalah hal berharga.

-Drug Free Youth Indonesia-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar