Selasa, 11 Januari 2011

Ucay Rocket Rockers: Drug is so 60's


Asap pekat serbuk surga dunia
Menjadi Rutinitas Menuju Kematian

Zat yang Kau Konsumsi Bukanlah Solusi!
Kau tak berhak menentukan takdir untuk mati!
(Rocket Rockers)

Potongan lirik diatas berjudul "Bukan Solusi" yang diambil dari album kedua Rocket Rockers (Ras Bebas-2004). Omong-omong soal Rocket Rockers pasti tau dong dengan pentolan band ini, Noor Al Kautsar a.k.a Ucay? Lelaki plontos yang gemar mengenakan topi ini berbaik hati untuk berbagi edukasi tentang drugs ditengah kesibukannya yang cukup padat. Berikut ini bincang singkat padat namun menggairahkan untuk disimak bersama Ucay Rocket Rockers.

(DFY) : Halo Ucay, sedang sibuk apa nih? Semacam agak mengurangi kuantitas twitteran sepertinya?


(Ucay) : Lagi sibuk recording album sama ngurus brand gua COLLEGE STAR, biasa buat lanjutin hidup hehe. Iya, lagi mengurangi twitteran, biar lebih sering face to face :)

(DFY) : Sampai hari ini musisi dan scene underground masih mendapat stigma sebagai kaum yang dekat dengan narkoba? Tanggapan lo? Kenapa bisa begitu?


(Ucay) : Kalo stigma sebagai yang dekat dengan narkoba mungkin karena sasaran empuk emang di anak muda yah, mau itu scene underground atau bukan. Sasaran bandar dan petinggi-petinggi narkoba itu memang meng-agendakan kehancuran generasi muda untuk kepentingan kelompok. Yah kita seharusnya bisa mensinyalir gerak gerik mereka dan tetap mencari informasi bahaya narkoba. Klise sih, tapi itulah yang akan menyelamatkan kita dari godaan dan pembenaran-pembenaran tentang narkoba yang beredar di masyarakat dan pergaulan.

(DFY) : Lalu apa usaha lo sendiri untuk mementahkan anggapan itu?


(Ucay) : Usaha gua sebagai musisi yang paling ringan adalah membuat lirik tentang bahaya narkoba dan tetap menyuarakan tentang penyalahgunaan narkoba dan hidup positif di media apapun yang bisa kita jangkau seperti: twitter, fb, interview ini dll. Kontra pasti ada, tp siapkan mental dan movement yang lebih halus, karena semakin kita hardline, semakin para pengguna/korban penyalahgunaan narkoba akan benci dengan kita. Yang paling ampuh adalah dengan terus menghilangkan citra narkoba dari pop culture dan youth culture, itu yg paling jadi PR untuk kita siasati: menjauhkan narkoba dari kata "keren"

(DFY) : Lirik "Bukan Solusi" nyeritain apa sih?


(Ucay) : Itu tentang pengalaman pribadi gua yang hidup dengan saudara gua yang sudah jadi korban narkoba selama 10 tahun. Gua mencoba untuk memotivasi hidup dari lirik itu, and it works, banyak yang bilang ke gw mau berhenti pake narkoba setelah membaca lirik itu. Dan Alhamdullilah saudara gua juga sekarang udah sembuh dan berkeluarga. Disitulah kekuatan lirik dan musik ketika menyatu: "Akan menjadi soundtrack hidup untuk mereka"


(DFY) : Campaign anti narkoba seperti apa sih yang menurut lo cocok untuk diterapkan ke anak-anak/remaja?


(Ucay) : Campaign yang menarik dan halus. Seperti yang dilakukan Toby H2O dengan OLOC nya (One Life One Chance, red), lirik-lirik lagu, bloging, film dan masuk ke pop/youth culture dan menegaskan bahwa drug is so 60's dan menyadarkan para korban kalau ini adalah 2011, tak ada waktu untuk "asyik sendiri", lihat lingkungan sekitar, banyak orang yang harus kita bantu dari pada terus berwacana seputaran legalized untuk kepentingan pribadi.



2 komentar:

  1. saya setuju 100% apa yg di bilang a ucay...

    BalasHapus
  2. Nice blog!
    Nice words too from Ucay! :)

    Drugs are for looser!



    xEL VEGANOx
    ------------------------------------------
    www.betterdayzine.blogspot.com

    BalasHapus