Selasa, 08 Februari 2011

Titik Balik Seorang Ivan Glory of Love

Anak muda Bandung yang rajin mantengin gigs indie tentunya familiar dengan band bernama Glory Of Love. Dan pastinya kenal dong sama pentolan Glory Of Love yang terkenal punya suara oke ini? Ya, betul sekali Ivan Prabumi Sastrawinata a.k.a xivanoflovex. Kabarnya lelaki yang tahun ini akan segera menikah itu pernah mengalami masa suram dengan drugs. Ivan berbaik hati dan tanpa sungkan berbagi cerita dengan Drug Free Youth Indonesia tentang pengalamannya dengan drugs. "Kalo orang pinter mah lihat gua sekarang, bukan yang dulu" kata Ivan meyakinkan. Simak yuk cerita selengkapnya.


(DFY): Kabarnya semasa remaja dulu pernah terjerumus drugs?
(Ivan): Dulu gua pertama kali kenal narkoba itu sekitar tahun 97 waktu gua kelas 2 SMP.

(DFY): Boleh dong berbagi pengalaman masa-masa itu?
(Ivan): Awalnya bermula dari coba-coba ngerokok sama temen-temen sekelas, terus mulai gabung sama temen-temen seangkatan dan kakak kelas. Mulai lah ditawarin minuman beralkohol, ganja, obat-obatan, sampai shabu. Untungnya gak sampe nyoba putaw.

(DFY): Memangnya apa yang paling ditakuti dari putaw?
(Ivan): Karena putau itu zat psikotropika yang bisa dibilang paling parah tingkat adiksi nya, dan kalo udah ketagihan, apapun bisa dilakuin si pemakai kalo lagi sakau. Ampir semua temen-temen maen (semasa) SMA gua pemakai aktif putau. ‎​Kalo lagi sakau sampe merinding nangis-nangis, katanya badannya kalo ketiup angin tuh kaya disilet. ‎​Kalo lagi gak punya uang, dia rela ngejual apapun yang dia punya, kalo udah gak ada yang bisa dijual, dia berani nyuri apapun dari siapapun, bahkan orangtuanya. Sampe-sampe beberapa temen saya meninggal karena OD (Over Dosis, red). ‎​Dan sampe detik ini pun, meskipun temen-temen gua udah pada "sembuh" dari putau, efeknya tetep jahat banget. Jatoh-jatohnya sekarang pada sakit liver dan hepatitis, Sabtu kemaren baru aja salah satu temen gua yang mantan pemakai meninggal karena hepatitis. Jadi gua bersyukur banget, gua tobat disaat putau belum beken saat itu hehe.

(DFY): Wuih, serem. Flashback dikit ya, berarti awal lu pake drugs itu berawal dari coba rokok ya?
(Ivan): Yup. Yang namanya rokok mah udah addicted lah ya (waktu itu). Dari situ tiap weekend ngumpul-ngumpul di rumah temen sambil pesta miras dan ganja. Sesekali dengan obat-obatan dan shabu. Kebiasaan buruk itu gua jalanin sampai masuk SMA,  sampai akhirnya ampir semua temen-temen gua ngenal putaw, suasana udah gak asik lagi. Berubah sama sekali.

(DFY): Lalu momentum apa yang akhirnya menghentikan pergaulan lo dengan drugs?
(Ivan): Ketika salah satu temen gua akhirnya meninggal karena over dosis. Disitu gua mulai sedikit mikir. Dan sisalah satu malam, ditengah pesta miras dan ganja, disaat semua temen-temen gua udah terkapar gak bisa bangun, gua liat ada satu lintingan besar (lebih besar dari rokok) ganja yg tersisa. Gua bakar dan hisap sendiri sampai habis karena gak ada siapapun untuk diajak enjoy. Efek enjoy ganja itu pun berubah jadi efek paranoid yang cukup dalem banget. Saat itu gua mikirin temen gua yg mati OD, gimana kalo gua juga mati sekarang?. Dalam keadaan kotor kaya gini, gimana perasaan nyokap dan keluarga gua. Disitu gua nangis sekeras-kerasnya,sampe jatoh dan akhirnya tidur. Besok paginya gua langsung tobat dan niat ninggalin dunia hitam narkoba selamanya.

(DFY) : Lepas dari semua kecanduan?
(Ivan): Saat itu gua masih ngerokok sampai di taun 2004 dan mulai bertanya-tanya apa sih gunanya ngerokok??? NOTHING! Gua mulai baca-baca info tentang life style Straight Edge. Akhirnya di taun itu juga, 2004, gua berenti ngerokok dan melabelkan diri gua sebagai seorang Straight Edge.

(DFY): Kenapa Straight Edge yang dipilih?
(Ivan): Ya simple, karena banyak manfaatnya dan kebalikannya dari drugs yang sama sekali gak ada manfaatnya, malah banyak banget kerugiannya.

(DFY): Waktu lepas dari drugs itu, ada ga peran dari keluarga?
(Ivan): ‎​Semua serba (kesadaran) sendiri bro, keluarga gua gak ada yang tau cerita ini.

(DFY): Wah setelah tulisan ini terbit bukan gak mungkin mereka jadi tau, gak keberatan?
(Ivan): Kalo orang pinter mah lihat gua sekarang, bukan yang dulu.

(DFY): Proses perkenalan lo dengan drugs kan bisa dibilang dari pergaulan. Nah, menurut lo cara apa yang paling oke buat lepas dari drugs disaat lingkungan pergaulan semua ada di lingkaran itu?
(Ivan): ‎​Cara yang paling oke buat berhenti ya "berani nyoba berhenti". ‎​Banyak yang baru niat udah give up. ‎​Waktu gua mutusin buat berhenti total ya keadaan sahabat-sahabat gua masih kaya begitu, tapi ya mereka respect dengan keputusan gua berenti waktu itu.

(DFY): Kalo sekarang ada temen atau keluarga kita yang sekarang masih pake drugs, sebaiknya apa yang kita lakuin?
Ivan: Ajak ngobrol,itu langkah awal dan paling susah lho. Pemakai drugs itu biasanya cenderung tertutup. ‎​Apalagi dia keluarga, boro-boro cerita, ngaku aja susah. Kalo udah bisa diajak ngobrol baru ‎​kasih pengetahuan-pengetahuan tentang pengaruh buruk drugs buat tubuh kita. Jangan langsung to the point.

(DFY): Setuju ga kalo "cinta" bisa bikin seseorang lepas dari drugs? Alasannya?
(Ivan): Bisa, tapi tergantung motivasinya. Kalo cuma buat cari impresi si pacar, itu NOL besar, begitu putus cinta bisa lebih ancur pake narkoba.

(DFY): Kalau dari lingkup yang lebih universal, semisal cinta dari keluarga?
(Ivan): ‎​Bisa, tapi tetep perlu dibarengi dengan pengetahuan yang lebih luas.

(DFY): Any last word for Drug Free Youth Indonesia?
(Ivan): I support Drug Free Youth Indonesia Movement!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar